Hobi Mancing? Cek 7 Spot Terfavorit di Indonesia Untuk Memancing

Indonesia dikenal dengan sebutan negara maritim, tidak aneh lagi kalau perairan tanah air adalah surga memancing bagi para pemancing dalam maupun luar negeri. Apalagi dengan sumber daya alam yang melimpah, ikan-ikan besar seperti Giant Travelly, Tuna, Baracuda, dan lain sebagainya tentu akan membuat memancing menjadi lebih seru.

Namun untuk memancing ikan-ikan besar idaman ini tidak bisa sembarangan dan hanya bisa ditemukan di beberapa lokasi saja. 

Setidaknya kami punya 7 spot memangcing populer di Indonesia yang bisa Anda datangi kala waktu senggang. Jauh dari tempat asal anda juga bukan masalah asalkan punya niat dan tekad. Bawa peralatan terhebat Anda untuk menaklukkan setiap tantangan yang ada.

Anda bisa lihat seberapa kuat tekad Anda untuk menaklukkan ikan-ikan di atas yang sering diasosiasikan sebagai ‘monster’. Satu pesan penting dari kami: Anda bebas untuk memancing di manapun, tapi ingatlah selalu untuk mengikuti peraturan dan menjaga ekosistem laut!

1. Teluk Awang, Lombok Tengah.

Mayoritas penduduk disini menjalani profesi nelayan. Bersandingan dengan teluk Ekas, teluk Awang menjadi destinasi favorit para pemancing yang ingin merasakan sensasi menangkap hasil laut di perairan Lombok tengah. Meskipun kurang populer, perlahan teluk Awang mulai menanjak namanya di mata para pemancing. Jadi tunggu apalagi? Cek paket wisata Lombok untuk mendapatkan promo menarik ke pulau indah ini.

2. Perairan Kepulauan Mentawai

Mendengar namanya, kami tahu Anda akan langsung menghubungkannya dengan lokasi berselancar. Tapi jika ditelusuri lebih lanjut, Mentawai adalah salah satu spot memancing terbaik di Indonesia. Sayangnya faslitias di sini masih belum selengkap Pelabuhan Ratu. Anda harus menyewa kapal nelayan  untuk sampai ke spot memancing yang kadang tidak bersahabat karena angin besar. 

3. Laut Fak-Fak, Papua Barat

Waktu terbaik berkunjung ke perairan ini ternyata jatuh pada bulan November – ya, waktu musim hujan yang bisa membuat laut jadi sedikit bergejolak. Namun dengan dasar yang mencapai 1000 meter, lokasi ini adalah ‘rumah’ bagi para ikan tuna besar dengan bobot mencapai 90kg/ ekornya.  

4. Laut Banda, Maluku

Salah satu lokasi terbaik di wilayah timur, khususnya di Maluku, fasilitas pendukung seperti kapal dan ABK terbilang sudah cukup mumpuni untuk membawa Anda berkelana menerjang ombak. Namun cobalah untuk berlatih fisik dan membawa perlengkap terbaik ketika memutuskan untuk memancing di Laut Banda, karena kawasan ini adalah zona drop off yang menjadi rumah bagi ikan-ikan berukuran jumbo.

5. Pelabuhan Ratu

Dikenal sebagai salah satu perairan yang ganas dan tempat bersemayamnya Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul, Pelabuhan Ratu yang berjarak sekitar 3-4 jam berkendara dari Jakarta termasuk salah satu surga para pemancing. Hal ini dikarenakan fasilitas yang cukup lengkap, yaitu kapal yang dilengkapi GPS dan fish finder untuk memudahkan Anda menemukan ikan. Panti Malimping dan Perairan Binuangeun adalah 2 spot yang wajib Anda datangi untuk berburu para penghuni Samudera Hindia. 

6. Kepulauan Riau

Ada dua pulau yang menjadi destinasi populer para pemancing dari seluruh penjuru tanah air yakni pulau Mapur dan pulau Tunjuk. Pulau Mapur mempunyai ciri khas sebagai jajaran pulau dengan wilayah terdekat dengan Singapura dan mempunyai ekosistem ikan yang luar biasa. Sedangkan pulau Tunjuk terkenal dengan pantai pasir putih dan spesies laut yang sangat beragam. Setelah memancing, Anda bisa menikmati langsung hasil tangkapan dengan segar.

7. Perairan Lampung

Pulau Sumatera memang dikenal sebagai destinasi favorit para pemancing. Pada wilayah barat berbatasan langsung dengan samudera Hindia dan sebelah timur ada selat Sunda hingga laut Cina Selatan. Tak jauh dari pelabuhan Bakahuni Lampung terdapat dua pulau yakni pulau Prajurit dan pulau Kandang. Dua tempat merupakan destinasi favorit ikan Tenggiri dan GT untuk berkumpul.

8. Perairan Karimunjawa

Mulai dari dari perairan Karimunjawa hingga Jawa Timur dikenal sebagai tempat berkumpul ikan-ikan laut berkumpul. Selain menjadi tempat favorit menikmati keindahan bawah lautnya, peraian Karimunjawa juga jadi tempat yang tepat untuk melatih ketangkasan Anda bermain mata pancing. Di perairan ini ikan-ikan seperti Tinggiri, Kakap, Tuna, dan Giant Travelly adalah jenis yang sering terlihat dan didapatkan para pemancing. 

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.