Berselfie Ria Sambil Kulineran Asik di Chinatown Bandung

Bagi anda yang gemar mencari destinasi wisata baru di Kota Bandung, Chinatown Bandung bisa menjadi pilihan.

smollnyy

Kampung Pecinan yang terletak di Jalan Kelenteng no 41, Ciroyom, Andir, Kota Bandung ini mulai dikomersialkan sebagai kawasan wisata sejak tahun 2017 lalu.

Sebelumnya, kawasan ini hanyalah perkampungan biasa yang dihuni oleh warga Tionghoa sehingga oleh warga setempat dijuluki kampung Pecinan.

Setelah dijadikan destinasi wisata, kampung ini pun direnovasi sedemikian rupa lengkap dengan berbagai ornament dan dekorasi bernuansa negeri Tirai Bambu. 

byressandii_

Yang menarik, kampung ini didesain dengan konsep tempo dulu. Jadi, jangan heran jika anda merasa seperti berada di perguruan Kungfu yang ada di film-film Jackie Chan saat mengunjungi kawasan ini.

Konsep Tiongkok disajikan sangat detail, warna merah, kuning dan hijau sangat mendominasi, bahkan anda akan menemui sebuah Klenteng tua yang usianya mencapai 130 tahun di kampung ini.

imeldaa.pratiwi

Keunikan arsitekturnya yang kental nuansa Tiongkok menarik pengunjung untuk menjadikan setiap sudut kampung ini sebagai spot swafoto yang Instagramable.

Berikut ini sejumlah spot dan kegiatan menarik yang bisa anda temui di Chinatown Bandung:

  • Chinatown Museum
rrahmaaffi

Begitu memasuki areal Chinatown, anda akan menemui sebuah museum mini yang memamerkan beragam benda bersejerah.

Pada dinding museum ini terdapat infografis tentang asal usul etnis Tionghoa menetap di berbagai daerah di Indonesia termasuk di Bandung.

Anda juga diajak untuk mengamati koleksi benda antik tempo dulu seperti sepeda ontel, peralatan makan keramik, hingga beragam guci bermotif naga. Anda bisa berswafoto di museum ini.

  • Selfie Sembari Menyusuri Kampung

Tak lengkap rasanya jika berkeliling kampung ini tanpa ber-swafoto. Kampung ini memiliki sejumlah spot yang unik dan sayang dilewatkan begitu saja tanpa ber-selfie ria di spot tersebut.

Anda bisa berfoto di jembatan berwarna merah, dan di bangunan pagoda.

selvilim__

Anda juga bisa menyewa kostum lengkap dengan riasannya di booth penyewaan kostum Ching-Ching. Harga sewa kostum mulai dari Rp. 50.000 – Rp. 100.000 untuk anak anak, dan Rp. 75.000 sampai Rp. 150.000 untuk dewasa.

  • Berburu Produk Oriental
smollnyy

Berwisata di kampung ini tidak lah lengkap tanpa berbelanja. Anda akan menemukan beraneka produk oriental seperti pakaian, payung, sandal, dan berbagai pernak pernik di setiap toko yang ada di areal Pecinan ini.

  • Bermain Bersama Anak

Bagi anda yang mengajak serta buah hati, disediakan pula arena bermain untuk anak-anak di Chinatown Bandung. Jangan khawatir, si kecil tidak akan bosan dan bisa bermain sepuasnya dengan hanya membayar Rp. 35.000.

  • Mencicipi Kuliner

Setelah berkeliling dan merasa lapar, anda bisa langsung mengisi perut di area food court.

Bermacam kuliner lezat tersaji di areal ini, mulai dari makanan berat seperti sate, soto, bakso, aneka jajanan khas Bandung seperti cilok dan batagor sampai chinese food seperti sup ayam, mie won ton, gow choi gao, siomay, dan berbagai jenis bakpao.

just_sodaaa

Chinatown Bandung mulai dibuka pukul 12.00 WIB sampai 22.00 WIB. Tarif masuk kampung Pecinan ini cukup terjangkau yaitu Rp. 10 ribu pada hari kerja, dan Rp. 20 ribu pada hari libur dan akhir pekan.

Lokasinya pun hanya berjarak sekitar 2 km dari alun-alun Bandung. Disarankan untuk menggunakan angkutan umum atau kendaraan online mengingat terbatasnya lahan parkir di kampung Pecinan ini.

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.