Kampung Daun Bandung, Wisata Asri Khas Desa Penghilang Kepenatan Kota

Kampung Daun adalah salah satu perpaduan wisata kuliner tradisional yang bercampur dengan indah dan sejuknya wisata khas desa. Memasuki kawasan ini pengunjung akan ‘dipaksa’ berjalan kaki dijalanan berbatuan menikmati pemandangan asri suasana kampung.

Foto lindapratiwi23

Diapit oleh Desa Cigugur dan Desa Cihedeung tepatnya di  Perumahan Villa Triniti RR1 Jl. Sersan Bajuri KM 4,7 No. 88 Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, lokasi Kampung Daun ini dapat dikunjungi mulai pukul 10.00 pagi hingga pukul 22.00 malam. 

Pada mulanya Kampung Daun ini hanyalah sebuah lembah yang dikelilingi hutan dan perbukitan tak terawat tanpa penghuni, hingga akhirnya pada tahun 1999 didirikan sebuah tempat makan sederhana yang hanya terdiri dari 4 buah saung

Seiring dengan berjalannya waktu berkembang cukup pesat yang hingga kini sudah terbangun lebih dari 50 saung yang menjadikannya masuk menjadi salah satu destinasi wisata terbaik kawasan Bandung yang wajib dikunjungi.

Foto irwandhy_official

Berdirinya saung – saung yang terlihat dengan model atap tradisional sudah menjadi salah satu ciri yang menempel dari konsep Kampung Daun ini. Pemandangan nan sejuk dengan suasana khas pedesaan ditambah dengan tatanan tempat hingga pepohonan yang begitu asri membuat tempat ini menjadi salah satu destinasi faforit bagi para pengunjung.

Pengunjung yang ingin datang tidak dikenai biaya tiket masuk namun hanya dikenakan biaya parkir kendaraan saja, dan pengunjung hanya mengeluarkan kocek ketika ingin bersantap di Restoran Kampung Daun.

Restoran Kampung Daun

Fotonya @ uwiie_rs

Tak cukup rasanya jika menikmati indahnya alam pedesaan tanpa berwisata kuliner. Restoran Kampung Daun ini menyediakan dua varian menu masakan yaitu masakan barat (western) dan masakan khas Indonesia, walaupun banyak pengunjung yang mengeluhkan harga makanan di Restoran Kampung Daun ini sedikit mahal, namun hal tersebut berbanding lurus dengan pelayanan, cita rasa, dan suasana restoran.

Makanan Indonesia yang tersaji seperti Nasi Liwet, Bebek Bakar Bali, Nasi Bakar, Sop Buntut dibandrol dengan harga 20ribuan sampai 80ribuan. Sedangkan makanan western seperti Steak berkisar 60ribu hingga 150ribuan.

Untuk kudapan atau snack yang disajikan pada restoran ini adalah camilan khas Indonesia terutama yang berasal dari Jawa Barat seperti Surabi Kinca, oncom, batagor, gulali, dan lain lain. Untuk minuman yang tersedia juga didominasi oleh minuman khas daerah seperti es goyobod, bandrek, bajigur, jamu kunir asem, dan lain sebagainya.

Makanan dan minuman yang sudah dipesan akan terasa lebih lezat dan nikmat ketika langsung disantap di saung – saung yang tersedia disekitar restoran ini.

Romantis Bersama Pasangan

Bagi pasangan yang ingin melakukan foto prawedding juga bisa dilakukan pada sudut-sudut Kampung Daun ini. Tak hanya sesi pemotretan prewedding, bagi pasangan kekasih yang ingin honeymoon atau berbulan madu juga dapat menyewa villa yang ada pada daerah ini. 

Harga penyewaan villa juga cukup terjangkau mulai dari 350 ribu untuk villa kecil bertemakan desa dengan desain bangunan kayu. Makan malam romantis berdua dengan pasangan juga bisa dilakukan pada area khusus dengan latar pemandangan Kota Bandung dari sudut ketinggian. 

Fasilitas Kampung Daun

Pihak pengelola Kampung daun memiliki segudang fasilitas yang membuat para pengunjung bertah berlama – lama dan ingin kembali lagi datang kesini. Fasilitas yang ditawarkan sangat beragam dan menarik, seperti air terjun buatan, culture gallery, dan tersedianya mainan-mainan kuno seperti ular tangga, congklak atau dakon, gasing bambu, dan lain

sebagainya. Fasilitas penting lainnya yang menunjang operasional seperti parkir yang luas, kamar mandi yang bersih, tempat sampah yang memadai, hingga mushola sudah tersedia lengkap disini. Jadi untuk para pengunjung yang datang rombongan juga bisa merasakan asiknya menghabiskan waktu di Kampung Daun ini. 

Berwisata ke Kampung Daun ini cocok bagi pengunjung yang penat dengan hiruk pikuk kebisingan kota dan ingin merasakan sejuknya suasana desa serta bersantap menikmati kuliner khas nusantara.

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.