Liburan di Kiara Artha Park : “A New Masterpiece in Bandung”

Bicara tentang wisata ter-hits di Bandung, Kiara Artha Park bisa menjadi salah satu tujuan wisata yang tak kalah menarik. Meskipun area ini belum dibuka secara resmi serta masih dalam tahap pembangunan, namun pengunjung sudah bisa menikmati berbagai keindahan dan aktivitas seru disini.

@ @muhamad.satriaaa

Ornamen khas bendera negara – negara dari Taman Konferensi Asia Afrika serta air mancur warna-warni yang dapat menari (dancing fountain) menjadi ciri khas dari taman ini.

OPERASIONAL KIARA ARTHA PARK

Dikutip dari akun instagram resmi @kiaraarthapark, taman yang berada di kawasan Kebonwaru, Batununggal, Kota Bandung ini dibuka pada jam oprasional pukul 10.00 pagi hingga pukul 22.00 malam.

Untuk memasuki kawasan Kiara Artha Park ini tidak dikenakan biaya alias gratis, namun mulai tanggal 29 Agustus 2019 pengunjung yang ingin masuk ke Kampung Korea akan dikenakan tarif Rp. 10.000,- untuk hari biasa dan Rp. 15.000,- untuk hari libur, dan untuk anak dibawah lima tahun tidak dikenakan biaya masuk.

@ adara_kanindia

Ada tiga sudut spot seru yang dapat dinikmati oleh pengunjung yaitu Taman Konferensi Asia Afrika (KAA), Kampung Korea, dan aktivitas dancing fountain di tengah danau.

Pengunjung bisa menikmati wisata kampung korea dan pertunjukan dancing fountain, sedangkan untuk Taman KAA juga sudah bisa dikunjungi namun masih dalam tahap pembangunan.

ani_handiani

Situs penanaman pohon oleh 106 negara juga direncanakan akan dibangun juga seperti di Taman Konservasi Tegalega untuk menarik pengunjung.

KAMPUNG KOREA

Salah satu aktivitas seru yang dapat dilakukan di Kiara Artha Park adalah mengunjungi Kampung Korea. Kampung Korea ini mirip dengan Little Seoul Bandung yang berlatarkan tempat dan suasana ber-ornamen khas negri gingseng yang akan memanjakan mata pengunjung dengan mengabadikannya melalui foto.

Tak hanya ornamen khas korea yang dapat  ditemui disini, tetapi juga makanan pinggir jalan ala Negeri Korea dapat ditemui seperti corndog, tteokboki, dan lain sebagainya dengan kisaran harga yang masih terjangkau.

DANCING FOUNTAIN

Foto: @rahman.amiin

Sudah menjadi kewajiban saat mengunjungi taman ini pada malam hari untuk melihat pertunjukan dancing fountain yang akan memanjakan mata anda. Dancing fountain adalah air mancur warna – warni yang dapat menari sesuai dengan irama musik yang sedang diputar.

Air mancur yang menari ini keluar dan menari ditengah danau Kiara Arta Park ini yang di pertunjukkan pada pukul 18.30 dan 19.30 setiap harinya, namun pada hari sabtu dan minggu akan ada tambahan pada pukul 20.30, jadi jika ingin melihat pertunjukan ini disarankan untuk berkunjung pada malam hari.

JOGGING TRACK

Taman yang berdiri pada tanah seluas 2,9 hektare ini mempunyai jogging track yang cukup panjang sehingga fasilitas wisata seperti Trem Bus Bandos berdesain jaman dulu (jadul) yang mengelilingi Kiara Artha Park ini juga bisa dinikmati secara gratis oleh pengunjung.

Petugas kawasan ini juga memperbolehkan pengunjung untuk membawa dan menaiki sepeda atau skateboard disepanjang jogging track tersebut. Meskipun area ini cukup luas dan sangat epic untuk mengabadikannya dengan kamera drone, sayangnya penggunaan kamera drone belum boleh diijinkan secara bebas pada kawasan ini karena harus ada izin tertentu kepada pihak petugas.

sayangnya penggunaan kamera drone belum boleh diijinkan secara bebas pada kawasan ini karena harus ada izin tertentu kepada pihak petugas.

Menghabiskan waktu di Kiara Artha Park ini bisa menjadi pilihan baru yang ada di Kota Bandung, dengan tagline resminya “A New Masterpiece in Bandung” taman ini diharapkan bisa menjadi alternatif baru untuk mengisi hari libur keluarga karena tempat ini sangat nyaman dan menarik untuk anak kecil.

Banyak hal yang menjadi alasan mengapa harus berwisata ke taman ini, seperti kawasan yang mudah dijangkau karena masih dalam pusat Kota Bandung, tiket masuk yang gratis, dan segarnya pemandangan asri yang memanjakan mata.

Taman ini juga sudah sering menjadi andalan sebagai tempat berbagai acara seperti festival kuliner, festival musik, dan lain sebagainya.