Tebing Keraton Bandung, Dijuluki Grand Canyon-nya Indonesia

Fotonya @ viskrenus

Jika kamu senang travelling ke tempat-tempat yang alami, maka Tebing Keraton Bandung adalah destinasi terbaik untuk kamu kunjungi. Tempat wisata ini sudah populer lebih dari 4 tahun yang lalu, bahkan mungkin sebagian orang sudah tahu tempat ini sebelum menjadi terkenal. 

Sebelum kamu merencanakan untuk pergi ke Tebing Keraton Bandung, sebaiknya kamu mengetahui beberapa hal di bawah ini untuk membantuk perjalananmu lebih lancar.

Lokasi

Photo by @ricky__winardi

Tebing Keraton merupakan destinasi alam dengan tinggi 1200 mdpl yang terletak di Taman Hutan Raya Juanda, Bandung. Kamu bisa mengunjungi taman sebelum memasuki destinasi tebing Keraton. 

Jika kamu bingung untuk mencari tahun lokasinya, kamu dapat mencari lokasi Taman Hutan Raya dan beberapa jalan menuju Tebing ini. Kendaraan yang bisa kamu gunakan untuk sampai ke lokasi yaitu dengan menggunakan motor atau mobil. 

Foto @ nnovaliana

Pasalnya, di daerah ini jarang terdapat angkot. Jalur yang dapat kamu lewati yaitu ke perumahan Dago Village.

Jam Buka

Jam buka tempat ini yaitu pukul 5 pagi sampai 7 malam. Hal ini akan mendukung kamu yang ingin melihat sunrise dan sunset. 

Kamu bisa menikmatinya bersama keluarga, teman atau orang tercinta.

Harga Tiket

Harga tiket untuk memasuki kawasan ini sebesar 15 ribu. Dengan harga yang murah, kamu bisa mengajak banyak teman untuk berkunjung ke tempat ini.

@ tri_action

Balkon dan Jembatan

Ketika kamu berada di tempat ini, kamu akan disuguhi oleh keindahan Tebing dan udara yang menyegarkan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat matahari terbit dari balik balkon yang disediakan oleh pihak pengelola. 

Kamu tak perlu takut untuk melihat pemandangan dari balkon karena semua tempat sudah terjamin dengan keamanannya. 

Spot Foto

Foto @ aseparifin.as77

Untuk mengabadikan moment spesialmu, beberapa tempat atau spot foto dapat kamu manfaatkan. Apalagi jika kamu seorang instragammable. Tebing ini memiliki pemandangan berupa hamparan hutan dan bebatuan. 

Kamu bisa memanfaatkan suasana pagi hari ketika berkabut sehingga fotomu tampak unik atau ketika malam hari. Beberapa momen akan sangat mudah untuk kamu nikmati. 

Kamu bisa mengabadikan dirimu ketika mendaki atau berkunjung ke jalur pendakian yang sengaja dibuat.

Camping Ground

Jika kamu ingin menikmati kunjungan bersama keluarga atau teman, kamu bisa berkemah di kawasan ini. Hal yang perlu kamu lakukan yaitu dengan meminta izin berkemah kepada pihak pengelola. 

Kesempatan ini sering dilakukan oleh beberapa pengunjung untuk menikmati sunrise dan sunset yang indah. 

Selain itu, ini akan menjadi kesempatan yang paling berharga ketika kamu dapat berkemah bersama orang-orang yang kamu sayangi.

Berjalan Menuju Bukit

Foto @ winda_pramelia

Jika kamu berniat untuk diet atau berolahraga, maka dengan mengunjungi Tebing Keraton merupakan pilihan yang bisa menwujudkan hal itu. 

Kamu akan berjalan sampai bukit untuk mendapatkan pemandangan yang indah karena kendaraan yang tidak dapat dibawa sampai atas. 

Namun meski terasa melelahkan, kamu tidak akan merasa terbebani karena jalur yang akan membuatmu merasa nyaman dan udara yang segar akan membantu proses pernapasan dengan baik. Kamu akan sampai ke bukit dalam waktu 15-30 menit dengan berjalan kaki.

Saran Edukasi

Selain untuk berwisata, kamu bisa belajar dan memahami bagaimana wilayah Tebing Keraton terbentuk. Bahkan, pihak pengelola memberikan edukasi berupa informasi mengenai Patahan Lembang atau Sesar Lembang sehingga kamu akan tahu jika terjadi bencana dan apa yang harus dilakukan.

***

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum liburan ke Tebing Keraton Bandung. Jangan lupa ajak orang-orang terdekat, agar liburan makin menyenangkan. Selamat berlibur!

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.