12 Tempat Wisata di Ciamis Terbaru yang Wajib Dikunjungi

0
12 Tempat Wisata di Ciamis Terbaru yang Wajib Dikunjungi
9.7 (96.67%) 12 votes

Kabupaten Ciamis merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten Ciamis juga dikenal sebagai salah satu wilayah di Jabar yang paling banyak mengalami pemekaran. Contohnya Di tahun 2002 kecamatan Banjar secara resmi menjadi kota otonom dan berdiri sendiri. Sepuluh tahun kemudian Pangandaran juga turut dimekarkan sehingga terbentuklah kabupaten Pangandaran.

Terbentuknya kabupaten Pengandaran membuat kabupaten Ciamis kini tidak memiliki garis pantai. Pada kesempatan ini kami akan mengulas  destinasi wisata menarik di kabupaten Ciamis dan sekitarnya, namun kami masih akan memasukkan destinasi di kabupaten Pangandaran ke dalam daftar.

Barikut 10 Tempat Wisata di Ciamis Terbaru yang Wajib Dikunjungi

1. Situ Lengkong Panjalu

Instagram by @ari07seven

Situ Lengkong Panjalu adalah sebuah danau yang terletak di Kecamatan Panjalu, Ciamis. Situ ini memiliki luas sekitar 57,95 hektar dengan pulau di tengahnya seluas sekitar 9,25 hektar, yang bernama pulau Nusa Gede. Di Pulau Nusa Gede terdapat hutan lindung beserta banyak terdapat peninggalan purbakala.

Konon, Nusa Gede awalnya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu pada zaman dahulu kala, selain juga berfungsi sebagai benteng pertahanan. Di pulau tersebut juga terdapat sebuah makam penyebar agama Islam yang bernama Mbah Panjalu. Didalam hutan terdapat 307 pohon yang terdiri dari 30 jenis tumbuh rindang yang menjadikannya sejuk dan membuat pengunjung nyaman bersantai di pulau tersebut.

2. Curug Tujuh Cibolang

Instagram by @maya.erilnoya

Selain Situ Lengkong, Kecematan Panjalu juga memiliki satu destinasi wisata yang cukup terkenal dan perlu di kunungi, yaitu adalah Curug Tujuh. Seperti namanya, destinasi ini merupakan curug (air terjun) yang berunduk – unduk sampai 7 tingkat. Tiap tingkat di berinama yaitu  Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Simantaja, Curug Cileutik, dan Curug Cibuluh.

Curug ini berada pada ketinggian 800-900 Mdpl.  dengan tekstur tanah berbukit dengan suhu udara secara umum berada pada 17-18 derajat Celcius sehingga memberikan suhu yang sejuk. Untuk menikmati keindahan panorama ketujuh curug tersebut pengunjung harus naik mengitari bukit dengan melalui jalanan setapak yang dikelilingi oleh hutan pinus Perum Perhutani.

3. Mega Wisata Icakan

Instagram by @megawisataicakan

Mega Wisata Icakan merupakan sebuah tempat rekreasi liburan keluarga yang cukup populer di Ciamis, Wisata ini berkonsep lembah yang dibangun dan ditata sangat apik sehingga menghasilkan pemandangan yang memanjakan mata pengunjung. Obyek wisata ini terhitung besar. Konon luas mencapai 35 ha, meski saat ini yang sudah dibangun baru sekitar 15 ha.

Lokasi Mega Wisata Icakan berada di kaki Gunung Syawal yang memiliki udara pegunungan yang sejuk dan kontur tanah yang berbukit-bukit sehingga pengunjung juga tidak akan bosan menikmati pemandangan sekeliling. Selain itu, Dan tentu daya tarik utamanya adalah berbagai wahana hiburan yang dimiliki. Cukup banyak wahana yang akan memanjakan pengunjung.

4. Green Canyon

foto by anekatempatwisata.com

Untuk menyusuri sungai sepanjang Green Canyon ini maka Anda perlu untuk menyewa perahu kayu yang berjajar di tepi sungai saat pertama kali tiba di wisata ini. Harga sewa prahunya pun cukup terjangkau hanya dengan membayar Rp. 75.00 per orang maka pengunjung akan menemukan petualangan yang sangat menyejukan fikiran dan mata Anda. Pengunjung diajak menikmati keindahan sepanjang sungai Green Canyon Pangandaran oleh pemandu.

Sepanjang perjalanan menyusuri sungai pengunjung akan dibawa untuk melihat panorama alam Green Canyon. Pemandangan seperti hutan dengan pepohonan rimbun, sungai jernih berwarna kehijauan tempat hidup hewan-hewan air seperti kadal,ikan, udang dan  terkadang ular  akan muncul ke permukaan sungai. Anda juga akan menikmati tebing-tebing tinggi dengan ukiran cantik yang mengapit sungai Green Canyon Pangandaran.

5. Wisata Sungai Citumang

Instagram by @saktiwildan

Obyek wisata alam sungai Citumang merupakan wisata alam yang memiliki daya tarik khusus, yaitu adanya sungai Citumang yang mengalir membelah hutan jati dengan memiliki airn yang bening hijau kebiruan. Tepian sungai tersebut terdiri dari ornamen batu-batu padas dengan relung dalam dihiasi relief alami dan juga dialiri aliran sungai yang menembus ke dalam goa sehingga membuatnya semakin eksotis.

Keheningan alam akan pengunjung jumpa. Kicauan burung serta alunan alami berupa gemercik air sungai, bisikan semerumput angin yang berhembus sepoi yang menyelinap di antara pepohonan memberikan kesenangan tersendiri bagi pengunjung. Obyek wisata ini kurang lebih 15 km dari Pangandaran ke arah barat. Atau sekitar 4 km dari jalan raya Pangandaran – Cijulang. Jarak seluruhnya dari pusat kota Ciamis sekitar 95 km.

Tinggalkan pesanan